Selasa, 08 Mei 2012

Lindungi Hutan Papua, sejahterahkan dunia

Hampir sumua orang tahu bahwa salah satu kekayaan Papua adalah hutan-nya. Dengan total kurang lebih 42 juta hektar.  Papua memiliki hutan yang paling luas dibandingkan dengan hutan yang ada di Indonesia, oleh sebab itu juga berpotensi terhadap illegal loging baik tingkat domestik maupun internasional.

Dengan luasan yang besar, tentunya hutan Papua berfungsi secara langsung dalam mempengaruhi dampak pemanasan global.


Tentunya kita semua tahu juga bahwa perubahan admosfir secara global sangat dipengaruhi oleh aktifitas manusia. salah satunya adalah efek rumah kaca.  Efek rumah kaca ini terjadi karena banyaknya gas di admosfir yang membentuk semacam lapisan sehingga menahan panas yang dari bumi dan akibatnya peningkatan CO2 di permukaan bumi. Gas CO2 sangat mempengaruhi efek rumah kaca dan yang dapat mengubah CO2 menjadi O2 adalah tumbuhan, disinilah betapa pentingnya keberadaan hutan Papua bagi kesejahteraan dan kesehatan dunia.

Apabila tiap 13.000 hektar hutan mampu memproses 1 juta ton CO2 menjadi setiap tahunnya, maka 42 juta ha hutan Papua akan memberikan kontribusi 3 milyard ton O2 pertahun atau sekitar 133,33 juta ton perbulannya.

LESTARIKAN HUTAN PAPUA


Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA JUGA

Lestarikan Papua Untuk Dunia

Foto saya
Jayapura, Papua, Indonesia
Alam adalah karunia TUHAN untuk kita, oleh sebab itu meng-HARGAI alam berarti kita mengucap syukur atas karunia yang ada.